Cooking with love

Diantara berkah lanjut sekolah di luar negeri adalah jadi bisa belajar masak (bukan jadi jago masak lho ya hehehe…). Hidup di negara minoritas muslim membuat saya susah ‘jajan’ di luar. Terutama di kota York, susah sekali nyari makanan halal. Selain itu, rasa dan seleranya juga beda. Kebanyakan resto halal ngasih menu ala timur tengah yang ga terlalu cocok di lidah kami. Meski sama-sama kaya rempah, makanan mereka menggunakan banyak jinten dan ketumbar (kadang ketumbarnya masih bullet-bulet gitu yang kalo pas kegigit lumayan juga hehehe). Trus, harganya juga ga sehat buat kantong, hehehe…. Jadinya, ya… mau ga mau harus belajar masak deh.

 

Siomay ala ummu shofi, ga punya kukusan jadilah siomay-nya direbus semua hehehe

Cookpad ngga jadi pilihan saya kalo mau nyoba resep baru, soalnya bingung karena terlalu banyak resep dan ga bisa dibuktikan (foto kan kadang menipu). Resep-resep dari NCC (natural cooking club), Diah Didi, dan justtryandtaste, sering saya pake kalo mood masak lagi bagus.

Google dan YouTube (tentunya didukung akses internet yang wuzwuzwuz) jadi ‘guru’ saya. Tinggal ketik “siomay” dan muncullah segala macam resep dan video bagaimana cara memasak siomay. Gampang, tinggal lihat beberapa, ikutin aja resep dan cara masaknya, jadi deh makanan sekedarnya. Tentunya dengan modifikasi disana-sini karena keterbatasan bahan atau alat. Paling ngga, cukup untuk ngobatin rasa kangen masakan Indonesia, kayak siomay, bubur ayam, soto, cireng, cimol, nasi uduk, rempeyek, sampe mie ayam.

 

Mie ayam ala ummu shofi
Ga cuman masakan dan cemilan Indonesia, saya jadi hunting resep segala macem. Mulai dari pizza, schotle, lasagna, hingga resep-resep cake dan cookies untuk baking. Saya seneng bikin pizza karena saya sendiri suka, anak-anak juga seneng banget pizza, trus nemu resep easy pizza di channel Tasty, jadi sering bikin deh. Bener-bener easy lho ternyata. Untuk adonan, cukup dengan tepung terigu, ragi, air hangat, sama sedikit gula. Kalo toppingnya mah suka-suka aja, tergantung apa yang ada. Kadang cuman dikasih saos tomat sama parutan keju aja anak-anak udah lahap banget makannya. Sering juga bikin schotel, ini nih favoritnya anak-anak. Paling sering saya pake fusili, pasta yang bentuknya spiral. Bikinnya juga gampang dan jadinya banyak. Tapi biasanya habis dalam dua kali makan padahal dah bikin sepanci besar. Meski maknya sering ga kebagian, tapi melihat mereka nambah dan nambah lagi, bikin maknya ini seneng banget. Kalo lasagna masaknya lebih ribet ketimbang schotel, jadinya saya jarang bikin. Hampir sama dengan schotel sebenernya, tapi disusun selapis demi selapis, dan semua dalam keadaan hangat. Adonan daging, saos tomat, dan cream-nya semua butuh wadah yang berbeda. Jadinya gitu deh, ribet hehehe…
Kalo baking, ini juga dapet ide karena anak-anak selalu kelaparan sepulang sekolah. Kan bosen juga kalo dibikinin gorengan terus (bakwan dan goring pisang adalah menu paling gampang buat temen ngeteh sore). Kemudian saya nemu tepung cake mix di supermarket terdekat. Lihat di sampul depan, tinggal di tambahin air sama vegetable oil, aduk rata, trus masukin oven deh. Gampang banget. Harganya juga bersahabat. Jadilah saya sering banget bikin kue. Lama-lama jadi kepikiran buat variasi dengan bikin muffin atau cupcake. Liat-liat Youtube, eh nemu video buat menghias cupcake. Akhirnya nyoba bikin butter cream dan ganache plus beli pipping bag dan spuit. Alhamdulillah pas anak-anak ulang tahun ga perlu beli cake di luar, cukup bikin sendiri. Lebih hemat dan bisa customize juga, jadi lebih special kan? hehehe…
Punya anak 4, usia sekolah (masih masa pertumbuhan), hidup di negeri orang, (plus saya juga doyan ngemil), jadi alasan untuk belajar masak. Semoga masih semangat masak meski harus ngantor lagi.
Birthday cake for the Twins. Maunya bunganya biru dan ungu. Done!
Birthday flowery cake for Raisha

 

Birthday cake for Shofi

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑